Syeikh Abdul Qodir Jaelani (bernama lengkap Muhyidin
Abu Muhammad Abdul Qodir ibn Abi Shalih Zango Dost al-Jaelani) lahir di Jailan
atau Kailan tahun 470 H/1077 M, sehingga diakhir nama beliau ditambahkan kata
Al Jailani atau Al Kailani atau juga Al Jiliydan.
(Biografi beliau dimuat dalam Kitab Adz Dzail ‘Ala
Thabaqil Hanabilah I/301-390, nomor 134, karya Imam Ibnu Rajab Al Hambali. Buku
ini belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia). Beliau wafat pada
hari Sabtu malam, setelah maghrib, pada tanggal 9 Rabi’ul Akhir di daerah Babul Azajwafat di Baghdad pada 561 H/1166 M.
hari Sabtu malam, setelah maghrib, pada tanggal 9 Rabi’ul Akhir di daerah Babul Azajwafat di Baghdad pada 561 H/1166 M.
Dalam usia 8 tahun ia sudah meninggalkan
Jilan menuju Baghdad pada tahun 488 H/1095 M. Karena tidak diterima belajar di
Madrasah Nizhamiyah Baghdad, yang waktu itu dipimpin Ahmad al-Ghazali, yang
menggantikan saudaranya Abu Hamid al-Ghazali.
Masa muda
Beliau meninggalkan tanah kelahiran, dan
merantau ke Baghdad pada saat beliau masih muda. Di Baghdad belajar kepada
beberapa orang ulama’ seperti Ibnu Aqil, Abul Khatthat, Abul
Husein Al Farra’ dan juga Abu Sa’ad Al Muharrimi. Beliau
belajar sehingga mampu menguasai ilmu-ilmu ushul dan juga perbedaan-perbedaan
pendapat para ulama’. Suatu ketika Abu Sa’ad Al Mukharrimi membangun sekolah
kecil-kecilan di daerah yang bernama Babul Azaj. Pengelolaan sekolah ini
diserahkan sepenuhnya kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani. Beliau mengelola
sekolah ini dengan sungguh-sungguh. Bermukim disana sambil memberikan nasehat
kepada orang-orang yang ada tersebut. Banyak sudah orang yang bertaubat setelah
mendengar nasehat beliau. Banyak orang yang bersimpati kepada beliau, lalu
datang ke sekolah beliau, sehingga sekolah itu tidak muat menampungnya.
Murid-murid
Murid-murid beliau banyak yang menjadi ulama’ terkenal.
Seperti Al Hafidz Abdul Ghani yang menyusun kitab Umdatul Ahkam Fi Kalami
Khairil Anam. Juga Syeikh Qudamah penyusun kitab fiqh terkenal Al Mughni.
Perkataan ulama tentang beliau : Syeikh Ibnu Qudamah
rahimahullah ketika ditanya tentang Syeikh Abdul Qadir, beliau menjawab, ” kami
sempat berjumpa dengan beliau di akhir masa kehidupannya. Beliau menempatkan
kami di sekolahnya. Beliau sangat perhatian terhadap kami. Kadang beliau
mengutus putra beliau yang bernama Yahya untuk menyalakan lampu buat kami.
Beliau senantiasa menjadi imam dalam shalat fardhu.”
Syeikh Ibnu Qudamah sempat tinggal bersama beliau selama
satu bulan sembilan hari. Kesempatan ini digunakan untuk belajar kepada Syeikh
Abdul Qadir Al Jailani sampai beliau meninggal dunia. (Siyar A’lamin
NubalaXX/442). Beliau adalah seorang ‘alim. Beraqidah Ahlu Sunnah, mengikuti
jalan Salafush Shalih. Dikenal banyak memiliki karamah-karamah. Tetapi banyak
(pula) orang yang membuat-buat kedustaan atas nama beliau. Kedustaan itu baik
berupa kisah-kisah, perkataan-perkataan, ajaran-ajaran, “thariqah” yang berbeda
dengan jalan Rasulullah, para sahabatnya, dan lainnya. Diantaranya dapat
diketahui dari perkataan Imam Ibnu Rajab, ”
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani adalah seorang yang
diagungkan pada masanya. Diagungkan oleh banyak para syeikh, baik ‘ulama dan
para ahli zuhud. Beliau banyak memiliki keutamaan dan karamah. Tetapi ada
seorang yang bernama Al Muqri’ Abul Hasan Asy Syathnufi Al Mishri (Nama
lengkapnya adalah Ali Ibnu Yusuf bin Jarir Al Lakh-mi Asy Syath-Nufi. Lahir di
Kairo tahun 640 H, meninggal tahun 713 H. Dia dituduh berdusta dan tidak
bertemu dengan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani) mengumpulkan kisah-kisah dan
keutamaan-keutamaan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam tiga jilid kitab. Dia
telah menulis perkara-perkara yang aneh dan besar (kebohongannya ). Cukuplah
seorang itu berdusta, jika dia menceritakan yang dia dengar. Aku telah melihat
sebagian kitab ini, tetapi hatiku tidak tentram untuk berpegang dengannya,
sehingga aku tidak meriwayatkan apa yang ada di dalamnya. Kecuali kisah-kisah
yang telah masyhur dan terkenal dari selain kitab ini. Karena kitab ini banyak
berisi riwayat dari orang-orang yang tidak dikenal. Juga terdapat
perkara-perkara yang jauh ( dari agama dan akal ), kesesatan-kesesatan,
dakwaan-dakwaan dan perkataan yang batil tidak berbatas. (Seperti kisah Syeikh
Abdul Qadir menghidupkan ayam yang telah mati, dan sebagainya.) semua itu tidak
pantas dinisbatkan kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani rahimahullah. Kemudian
aku dapatkan bahwa Al Kamal Ja’far Al Adfwi (Nama lengkapnya ialah Ja’far bin
Tsa’lab bin Ja’far bin Ali bin Muthahhar bin Naufal Al Adfawi. Seoarang ‘ulama
bermadzhab Syafi’i. Dilahirkan pada pertengahan bulan Sya’ban tahun 685 H.
Wafat tahun 748 H di Kairo. Biografi beliau dimuat oleh Al Hafidz di dalam
kitab Ad Durarul Kaminah, biografi nomor 1452.) telah menyebutkan, bahwa Asy
Syath-nufi sendiri tertuduh berdusta atas kisah-kisah yang diriwayatkannya
dalam kitab ini.”(Dinukil dari kitab At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat
Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul Qadir bin Habibullah As Sindi, Penerbit
Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa’dah 1415 H / 8 April 1995 M.). Imam Ibnu Rajab
juga berkata, ” Syeikh Abdul Qadir Al Jailani rahimahullah memiliki pemahaman
yang bagus dalam masalah tauhid, sifat-sifat Allah, takdir, dan ilmu-ilmu
ma’rifat yang sesuai dengan sunnah. Beliau memiliki kitab Al Ghunyah Li Thalibi
Thariqil Haq, kitab yang terkenal. Beliau juga mempunyai kitab Futuhul Ghaib.
Murid-muridnya mengumpulkan perkara-perkara yang berkaitan dengan nasehat dari
majelis-majelis beliau. Dalam masalah-masalah sifat, takdir dan lainnya, ia
berpegang dengan sunnah. Beliau membantah dengan keras terhadap orang-orang
yang menyelisihi sunnah.”
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani menyatakan dalam kitabnya,
Al Ghunyah, ” Dia (Allah ) di arah atas, berada diatas ‘arsyNya, meliputi
seluruh kerajaanNya. IlmuNya meliputi segala sesuatu.” Kemudian beliau
menyebutkan ayat-ayat dan hadist-hadist, lalu berkata ” Sepantasnya menetapkan
sifat istiwa’ ( Allah berada diatas ‘arsyNya ) tanpa takwil ( menyimpangkan
kepada makna lain ). Dan hal itu merupakan istiwa’ dzat Allah diatas arsy.” (At
Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 515). Ali bin Idris pernah
bertanya kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani, ” Wahai tuanku, apakah Allah
memiliki wali (kekasih ) yang tidak berada di atas aqidah ( Imam ) Ahmad bin
Hambal?” Maka beliau menjawab, ” Tidak pernah ada dan tidak akan ada.”( At
Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 516).
Perkataan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani tersebut juga
dinukilkan oleh Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitab Al Istiqamah I/86.
Semua itu menunjukkan kelurusan aqidahnya dan penghormatan beliau terhadap
manhaj Salaf.
Sam’ani berkata, ” Syeikh Abdul Qadir Al Jailani adalah
penduduk kota Jailan. Beliau seorang Imam bermadzhab Hambali. Menjadi guru
besar madzhab ini pada masa hidup beliau.” Imam Adz Dzahabi menyebutkan
biografi Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam Siyar A’lamin Nubala, dan
menukilkan perkataan Syeikh sebagai berikut,”Lebih dari lima ratus orang masuk
Islam lewat tanganku, dan lebih dari seratus ribu orang telah bertaubat.”
Imam Adz Dzahabi menukilkan perkataan-perkataan dan
perbuatan-perbuatan Syeikh Abdul Qadir yang aneh-aneh sehingga memberikan kesan
seakan-akan beliau mengetahui hal-hal yang ghaib. Kemudian mengakhiri
perkataan, ”Intinya Syeikh Abdul Qadir memiliki kedudukan yang agung. Tetapi
terdapat kritikan-kritikan terhadap sebagian perkataannya dan Allah menjanjikan
(ampunan atas kesalahan-kesalahan orang beriman ). Namun sebagian perkataannya
merupakan kedustaan atas nama beliau.”( Siyar XX/451 ). Imam Adz Dzahabi juga
berkata, ” Tidak ada seorangpun para kibar masyasyeikh yang riwayat hidup dan
karamahnya lebih banyak kisah hikayat, selain Syeikh Abdul Qadir Al Jailani,
dan banyak diantara riwayat-riwayat itu yang tidak benar bahkan ada yang
mustahil terjadi“.
Syeikh Rabi’ bin Hadi Al Madkhali berkata dalam kitabnya,
Al Haddul Fashil,hal.136, ” Aku telah mendapatkan aqidah beliau ( Syeikh Abdul
Qadir Al Jailani ) didalam kitabnya yang bernama Al Ghunyah. (Lihat kitab
Al-Ghunyah I/83-94) Maka aku mengetahui bahwa dia sebagai seorang Salafi.
Beliau menetapkan nama-nama dan sifat-sifat Allah dan aqidah-aqidah lainnya di
atas manhaj Salaf. Beliau juga membantah kelompok-kelompok Syi’ah,
Rafidhah,Jahmiyyah, Jabariyyah, Salimiyah, dan kelompok lainnya dengan manhaj
Salaf.” (At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh
Abdul Qadir bin Habibullah As Sindi, Penerbit Darul Manar, Cet. II, 8
Dzulqa’dah 1415 H / 8 April 1995 M.)
Inilah tentang beliau secara ringkas. Seorang ‘alim
Salafi, Sunni, tetapi banyak orang yang menyanjung dan membuat kedustaan atas
nama beliau. Sedangkan beliau berlepas diri dari semua kebohongan itu. Wallahu
a’lam bishshawwab.
Kesimpulannya beliau adalah seorang ‘ulama besar. Apabila
sekarang ini banyak kaum muslimin menyanjung-nyanjungnya dan mencintainya, maka
itu adalah suatu kewajaran. Bahkan suatu keharusan. Akan tetapi kalau
meninggi-ninggikan derajat beliau di atas Rasulullah shollallahu’alaihi
wasalam, maka hal ini merupakan kekeliruan yang fatal. Karena Rasulullah
shollallahu ‘alaihi wasalam adalah rasul yang paling mulia diantara para nabi
dan rasul. Derajatnya tidak akan terkalahkan disisi Allah oleh manusia manapun.
Adapun sebagian kaum muslimin yang menjadikan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani
sebagai wasilah ( perantara ) dalam do’a mereka, berkeyakinan bahwa do’a
seseorang tidak akan dikabulkan oleh Allah, kecuali dengan perantaranya. Ini
juga merupakan kesesatan. Menjadikan orang yang meninggal sebagai perantara,
maka tidak ada syari’atnya dan ini diharamkan. Apalagi kalau ada orang yang
berdo’a kepada beliau. Ini adalah sebuah kesyirikan besar. Sebab do’a merupakan
salah satu bentuk ibadah yang tidak diberikan kepada selain Allah. Allah
melarang mahluknya berdo’a kepada selain Allah. “Dan sesungguhnya mesjid-mesjid
itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorang pun di
dalamnya disamping (menyembah ) Allah. ( QS. Al-Jin : 18 )”
Jadi sudah menjadi keharusan bagi setiap muslim untuk
memperlakukan para ‘ulama dengan sebaik mungkin, namun tetap dalam batas-batas
yang telah ditetapkan syari’ah. Akhirnya mudah-mudahan Allah senantiasa
memberikan petunjuk kepada kita sehingga tidak tersesat dalam kehidupan yang
penuh dengan fitnah ini.
Pada tahun 521 H/1127 M, dia mengajar dan berfatwa dalam
semua madzhab pada masyarakat sampai dikenal masyarakat luas. Selama 25 tahun
Abdul Qadir Jaelani menghabiskan waktunya sebagai pengembara sufi di Padang
Pasir Iraq dan akhirnya dikenal oleh dunia sebagai tokoh sufi besar dunia
Islam. Selain itu dia memimpin madrasah dan ribath di Baghdad yang didirikan
sejak 521 H sampai wafatnya di tahun 561 H. Madrasah itu tetap bertahan dengan
dipimpin anaknya Abdul Wahab (552-593 H/1151-1196 M), diteruskan anaknya Abdul
Salam (611 H/1214 M). Juga dipimpin anak kedua Abdul Qadir Jaelani, Abdul Razaq
(528-603 H/1134-1206 M), sampai hancurnya Baghdad pada tahun 656 H/1258 M.
Syeikh Abdul Qadir Jaelani juga dikenal sebagai pendiri
sekaligus penyebar salah satu tarekat terbesar didunia bernama Tarekat
Qodiriyah. Awal Kemasyhuran Al-Jaba’I berkata bahwa Syaikh Abdul Qadir
Al-Jailani juga berkata kepadanya, “tidur dan bangunku sudah diatur. Pada suatu
saat, dalam dadaku timbul keinginan yang kuat untuk berbicara. Begitu kuatnya
sampai aku merasa tercekik jika tidak berbicara. Dan ketika berbicara, aku
tidak dapat menghentikannya. Pada saat itu ada dua atau tiga orang yang
mendengarkan perkataanku. Kemudian mereka mengabarkan apa yang aku ucapkan
kepada orang-orang, dan merekapun berduyun-duyun mendatangiku di masjid Bab
Al-Halbah. Karena tidak memungkinkan lagi, aku dipindahkan ke tengah kota dan
dikelilingi dengan lampu. Orang-orang tetap datang di malam hari dan memakai
lilin dan obor dan memenuhi tempat tersebut. Kemudian aku dibawa keluar kota
dan ditempatkan di sebuah mushalla. Namun orang-orang tetap datang kepadaku,
dengan mengendarai kuda, unta bahkan keledai dan menempati tempat
disekelilingku. Saat itu hadir sekitar 70 orang para wali RadhiAllahu anhum.
Kemudian Syaikh Abdul Qadir melanjutkan, “Aku melihat
Rasululloh SAW sebelum dzuhur, beliau berkata kepadaku, ’anakku, mengapa engkau
tidak berbicara ?’. ’Ayahku, bagaimana aku yang non arab ini berbicara di
depan orang-orang fasih dari Baghdad?’. Beliau berkata, ’buka mulutmu’, lalu
beliau meniup 7 kali ke dalam mulutku kemudian berkata, ”bicaralah dan ajak
mereka ke jalan Allah dengan hikmah dan peringatan yang baik”. Setelah itu aku
shalat dzuhur dan duduk dan mendapati jumlah yang sangat luar biasa banyaknya
sehingga membuatku gemetar. Kemudian aku melihat Ali r.a. datang dan berkata,
’buka mulutmu’. Beliau lalau meniup 6 kali kedalam mulutku dan ketika aku
bertanya kepadanya mengapa beliau tidak meniup 7 kali seperti yang dilakukan
Rasululloh SAW, beliau menjawab bahwa beliau melakukan itu karena rasa hormat
beliau kepada RasuluLloh SAW. Kemudian akku berkata, ’Pikiran, sang penyelam,
mencari mutiara ma’rifah dengan menyelami laut hati, mencampakkannya ke pantai
dada , dilelang oleh lidah sang calo, kemudian dibeli dengan permata ketaatan
dalam rumah yang diizinkan Allah untuk diangkat’”. Beliau kemudian
menyitir :
Idan untuk wanita seperti Laila seorang pria dapat
membunuh dirinya, dan menjadikan maut dan siksaan sebagai sesuatu yang manis
Dalam beberapa manuskrip saya mendapatkan Syaikh Abdul
Qadir Al-Jailani berkata, ”Sebuah suara berkata kepadaku saat aku berada di
pengasingan diri, ‘kembali ke Baghdad dan ceramahilah orang-orang’. Akupun
masuk Baghdad dan menemukan para penduduknya dalam kondisi yang tidak aku sukai
dan karena itulah aku tidak jadi mengikuti mereka’. ‘sesungguhnya’ kata suara
tersebut ,’mereka akan mendapatkan manfaat dari keberadaan dirimu’.
‘Apa hubungan mereka dengan keselamatan agamaku /
keyakinanku’ tanyaku.
‘Kembali (ke Baghdad) dan engkau akan mendapatkan
keselamatan agamamu’ jawab suara itu.
Akupun menbuat 70 perjanjian dengan Allah. Diantaranya
adalah tidak ada seorangpun yang menentangku dan tidak ada seorang muridku yang
meninggal kecuali dalam keadaan bertaubat. Setelah itu, aku kembali ke Baghdad
dan mulai berceramah. Suatu ketika saat aku berceramah , aku melihat sebuah
cahaya terang benderang mendatangi aku. ‘Apa ini dan ada apa?’tanyaku.
‘Rasululloh SAW akan datang menemuimu untuk memberikan selamat’ jawab sebuah
suara. Sinar tersebut makin membesar dan aku mulai masuk dalam kondisi
spiritual yang membuatku setengah sadar. Lalu aku melihat RasuLulloh SAW di
depan mimbar, mengambang di udara dan memanggilku, ’wahai Abdul Qadir’. Begitu
gembiranya aku dengan kedatangan RasuluLloh SAW , aku melangkah naik ke udara
menghampirinya. Beliau meniup ke dalam mulutku 7 kali. Kemudian Ali datang dan
meniup ke dalam mulutku 3 kali. ’mengapa engkau tidak melakukan seperti yang
dilakukan RasuluLloh SAW?’ tanyaku kepadanya. ‘sebagai rasa hormatku kepada Rasulullah
SAW‘ jawab beliau.
RasuluLlah SAW kemudian memakaikan jubah kehormatan
kepadaku. ‘apa ini ?’ tanyaku. ‘ini’ jawab Rasulullah, ’adalah jubah
kewalianmu dan dikhususkan kepada orang-orang yang mendapat derajad Qutb dalam
jenjang kewalian’. Setelah itu , akupun tercerahkan dan mulai berceramah.
Saat Khidir as. Datang hendak mengujiku dengan ujian yang
diberikan kepada para wali sebelumku, Allah membukakan rahasianya dan apa yang
akan di katakannya kepadaku. Aku berkata kepadanya, ”Wahai Khidir, apabila
engkau berkata kepadaku ’Engkau tidak akan sabar kepadaku’, maka aku akan
berkata kepadamu ‘Engkau tidak akan sabar kepadaku’. Wahai Khidir, Engkau
termasuk golongan Israel sedangkan aku termasuk golongan Muhammad, maka inilah
aku dan engkau. Aku dan engkau seperti sebuah bola dan lapangan, yang ini
Muhammad dan yang ini Ar-Rahman, ini kuda berpelana, busur terentang dan pedang
terhunus.” Al-Khattab pelayan Syaikh Abdul QAdir meriwayatkan bahwa suatu hari
ketika beliau sedang berceramah tiba-tiba beliau berjalan naik ke udara dan
berkata, “Hai orang Israel, dengarkan apa yang dikatakan oleh kaum Muhammad”
lalu kembali ke tempatnya. Saat ditanya mengenai hal tersebut beliau menjawab,
”Tadi Abu Abbas Al-Khidir as lewat, maka akupun berbicara kepadanya seperti
yang kalian dengar tadi dan ia berhenti”.
Guru dan teladan kita Syaikh Abdul Qadir Al-Jilli
berkata,” seorang Syaikh tidak dapat dikatakan mencapai puncak spiritual
kecuali apabila 12 karakter berikut ini telah mendarah daging dalam dirinya
yaitu :
Dua karakter dari Allah yaitu dia menjadi seorang yang
Sattar (menutup aib) dan Ghaffar (Maha pemaaf).
Dua karakter dari RasuluLlah SAW yaitu penyayang dan
lembut
Dua karakter dari Abu Bakar yaitu jujur dan dapat
dipercaya.
Dua karakter dari Umar yaitu amar ma’ruf nahi munkar
Dua karakter dari Utsman yaitu dermawan dan bangun
(tahajjud) pada waktu orang lain sedang tidur.
Dua karakter dari Ali yaitu aalim (cerdas/intelek) dan
pemberani.
Masih berkenaan dengan pembicaraan di atas dalam bait
syair yang dinisbatkan kepada beliau dikatakan :
Bila lima perkara tidak terdapat dalam diri seorang
syaikh maka ia adalah Dajjal yang mengajak kepada kesesatan. Dia harus sangat
mengetahui hukum-hukum syariat dzahir, mencari ilmu hakikah dari sumbernya,
hormat dan ramah kepada tamu, lemah lembut kepada si miskin, mengawasi para
muridnya sedang ia selalu merasa diawasi oleh Allah
Syaikh Abdul Qadir juga menyatakan bahwa Syaikh Al-Junaid
mengajarkan standar Al-Qur’an dan Sunnah kepada kita untuk menilai seorang
Syaikh. Apabila ia tidak hapal Al-Qur’an, tidak menulis dan menghapal Hadits,
maka dia tidak pantas untuk diikuti.
Menurut saya (penulis buku) yang harus dimiliki seorang
Syaikh ketika mendidik seseorang adalah dia menerima si murid untuk Allah,
bukan untuk dirinya atau alasan lainnya. selalu menasihati muridnya, mengawasi
muridnya dengan pandangan kasih. Lemah lembut kepada muridnya saat sang murid
tidak mampu menyelesaikan Riyadhah. Dia juga harus mendidik si murid bagaikan
anak sendiri dan orang tua penuh dengan kasih dan kelemah lembutan dalam
mendidik anakknya. Oleh karena itu dia selalu memberikan yang paling mudah
kepada si murid dan tidak membebaninya dengan sesuatu yang tidak mampu
dilakukannya. Dan setelah sang muuriid bersumpah untuk bertobat dan selalu taat
kepada Allah baru sang syaikh memberikan yang lebih berat kepadanya.
Sesungguhnya bai’at bersumber dari hadits RasuluLlah SAW ketika beliau
mengambil bai’at para sahabatnya.
Kemudian dia harus mentalqin si murid dengan
zikir lengkap dengan silsilahnya. Sesungguhnya Ali ra. Bertanya kepada
RasuluLloh SAW, ‘Yaa Rasulullah, jalan manakah yang terdekat untuk sampai
kepada Allah, paling mudah bagi hambanya dan paling afdhal di sisi Nya.
RasuluLlah berkata,’Ali, hendaknya jangan putus berzikir (mengingat) kepada Allah
dalam khalwat (kontemplasinya)’. Kemudian Ali ra. Kembali berkata , ‘Hanya
demikiankah fadhilah zikir, sedangkan semua orang berzikir’. RasuluLlah
berkata,’Tidak hanya itu wahai Ali, kiamat tidak akan terjadi di muka bumi ini
selama masih ada orang yang mengucapkan “Allah” “Allah”. ‘Bagaimana aku
berzikir?’. Tanya Ali. RasuluLlah bersabda, ’dengarkan apa yang aku ucapkan.
Aku akan mengucapkannya sebanyak tiga kali dan aku akan mendengarkan engkau
mengulanginya sebanyak tiga kali pula’. Lalu RasuluLlah berkata, “Laa
ilaaha illallah” sebanyak
tiga kali dengan mata terpejam dan suara kjeras. Ucapan tersebut di ulang oleh
Ali dengan cara yang sama RasuluLlah lakukan. Inilah asal talqin kalimat Laa
ilaaha Illallah. Semoga Allah memberikan taufiknya kepada kita dengan kalimat
tersebut”.
Syaikh Abdul Qadir berkata, ”Kalimat
tauhid akan sulit hadir pasda seorang individu yang belum di talqin dengan
zikir bersilsilah kepada RasulluLlah oleh Mursyidnya saat menghadapi sakaratil
maut”.
Karena itulah Syaikh Abdul Qadir selalu
mengulang-ulang syair yang berbunyi : Wahai yang enak diulang dan
diucapkan (kalimat tauhid) jangan engkau lupakan aku saat perpisahan (maut).